Rabu, 07 Maret 2018

SelaSAstra: Teknik Menulis dan Kerancuan-Kerancuan Lainnya

Mansur Muhammad

"Saya menulis dan, memang harus menulis. Setiap hari. Soal isi, pikir nanti. Apalagi teknik." seloroh Pak Cucuk SP selaku pembicara dalam acara SelaSAstra tadi malam. Acara sederhana yang cukup unik ini diselenggarakan di kedai Boenga Ketjil milik Pak Andhi. Ruang berdesain nyentrik ini membuat nyaman siapa saja yang hadir. Entah sekedar ngobrol atau diskusi --semi resmi, seperti yang terjadi tadi malam. Banyak kalangan penulis dan penikmat sastra dari berbagai komunitas hadir di sana.

Jujur, kami terlambat datang. Sekitar pukul 20:40 baru sampai. Hampir tertinggal satu jam. Acara sudah serius ketika Pak Andhi menyambut kami dan mempersilahkan kami duduk. Diskusi sudah melebar. Sepertinya sudah selesai pembahasan buku dan segala proses kreatif penulisnya. Jadi saya hanya kebagian gelak tawa. Apa lagi, Gus Binhad. Beliau selalu mengutarakan kritiknya dengan khas. Tak banyak ba bi bu, langsung ke pokok permasalahan. Pedas memang. Namun, disampaikan dengan guyonan yang membuat suasana justru menjadi akrab.

Diskusi berjalan cukup dinamis. Ada komunikasi yang hangat antara pemateri dan audiens, atau audiens dengan audiens. Meski ada sedikit loncatan tema yang berawal dari pertanyaan salah satu peserta, tapi ini justru membuat diskusi menjadi hidup. Pemateri pun menanggapi dengan ramah. Peserta menanyakan apakah buku 'Mengenang Kota Hilang' adalah manifestasi dari suara suara yang sempat dibungkam seperti halnya tragedi kelabu kesusastraan Indonesia pada masa silam. Penulis, yang tak lain adalah Lek Gir (Panggilan akrab R. Giryadi) dengan enteng menjawab tidak. Jawaban sederhana namun terdapat kejujuran di sana. Beliau menulis untuk dirinya sendiri. Untuk kenangan itu sendiri. Artinya, beliau benar-benar ingin bebas dari segala persepsi yang berkembang di dalam kesusastraan. Beliau ingin menunjukan idealismenya sebagai sastrawan, ingin bebas dari segala keruwetan formal kesusastraan. Maka dari itu, beliau tak begitu menggubris pada cangkang. Dalam hal ini merujuk pada segala persyaratan yang bersifat tekstual. Seperti EYD, efektifitas sebuah kalimat, gaya-gaya penulisan juga teknik penyampaian sebuah pesan yang ingin disampaikan penulis. Sastra tidak akan pernah berhenti pada suatu karya, tambah beliau yang kemudian bercerita sedikit riwayat perjalanan hidupnya. Mulai dari menjadi seorang jurnalis, perupa, aktor, penulis naskah drama dan banyak lagi proses kreatif yang beliau lakoni. Semua ini akan mempengaruhi corak sastra beliau. Bahwa ada salah satu peserta yang menilai bahwa gaya bertutur beliau seolah cenderung dramatik --mungkin juga puitik-- ini tidak bisa disangkal. Semua dilihat dari akar sastra mana penulis itu tumbuh dan lingkungan di mana penulis tumbuh. Begitulah, karya tidak bisa lepas sepenuhnya dari latar belakang dan pengalaman penulis.

Diskusi kemudian beralih pada teknik. Dalam pembahasan inilah waktu dihabiskan. Ini juga menanggapi pertanyaan salah satu peserta. Namun, pertanyaan ini justru tidak mengacu pada buku yang dibedah melainkan pada cerpen sang penulis yang sempat dimuat harian Kompas beberapa minggu yang lalu. Cerpen ini dinilai kurang berteknik dan berjalan datar-datar saja. Lebih dari itu, seakan nengamini si peserta tersebut, Gus Binhad juga menyesalkan kurang adanya perenungan yang berarti di dalamnya. Perbincangan semakin seru ketika diskusi dikuasai dua sastrawan hebat. Cucuk SP dan Agus Sulton. Seperti kalimat pembuka di atas, Cucuk SP mengaku, dalam proses kreatifnya, beliau tak pernah memberi perhatian lebih pada teknik. Teknik, masih dalam pendapatnya, hanya akan menghambat laju kreatifitas dan produktifitas kegiatan menulis itu sendiri. Lagi pula menulis harus sebebas-bebasnya, tambah beliau. Menanggapi ini, lagi-lagi Gus Binhad berkelakar.

"Lha wong Cucuk iki wes ma'rifat kok..tingkat tinggi iki.." Sontak, semua yang pada mulanya serius jadi riuh tergelak.

"Lha iya, saya kasih contoh. Ada sepasang pengantin yang baru nikah. Sebelumnya, mereka sudah merancang detail apa saja yang akan mereka lakukan di malam pertama nanti. Tapi, ketika mereka sudah berhadap-hadapan di atas ranjang, semua rencana mereka buyar. Begitu pun teknik." timpal Pak Cucuk bersemangat.

Lantas diskusi menegang ketika kemudian Gus Binhad justru bertolak belakang dengan apa yang disampaikan Pak Cucuk. Bagaimanapun, ujarnya, seorang penulis pasti menggunakan teknik. Meskipun teknik yang digunakan tidak pernah tertulis di buku mana pun. Dan teknik, tak lebih hanyalah soal bagaimana penulis berkomunikasi. Dan pembahasan teknik menggantung begitu saja seusai pemaparan Gus Binhad ini.

Bertambah malam, diskusi lebih seru dan menantang. Acara diskusi yang diagendakan akan membedah buku anggitan Pak R. Giryadi yang berjudul 'Mengenang Kota Hilang' ini, seiring berjalannya acara, tema ini menjadi kabur. Pembahasan teknik meluas hingga ke filsafat dan teori-teori kesusastraan. Kami yang masih awam hanya diam mendengarkan sambil menyeruput kopi. Dan pembahasan mengenai teknik, filsafat, teori-teori kesusasteraan ini terus berjalan sampai acara selesai pada jam 23:20, molor satu setengah jam dari jadwal yang telah di tetapkan. Tapi ada rasa puas tersendiri. Acara ditutup oleh Pak Andhi dan Pak Giryadi membagikan buku-bukunya secara cuma-cuma hampir ke seluruh peserta. Tak terkecuali kami.

26 Mei 2016
https://selasastrain.blogspot.co.id/2018/03/selasastra-teknik-menulis-dan-kerancuan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A. Qorib Hidayatullah A. Rego S. Ilalang A. Rodhi Murtadho A. Syauqi Sumbawi Abdul Azis Sukarno Abdul Kadir Ibrahim Abi N. Bayan Achiar M Permana Adib Baroya Aditya Ardi N Afrilia Afrizal Malna Aguk Irawan Mn Agus Buchori Agus Noor Agus R. Sarjono Agus Sulton Agus Sunyoto Agusri Junaidi AH J Khuzaini Ahmad Anshori Ahmad Farid Yahya Ahmad Fatoni Ahmad Muchlish Amrin Ahmad Rifa’i Rif’an Ahmad Tohari Ahmad Yulden Erwin Ahmad Zaini Ahmadun Yosi Herfanda Ajip Rosidi Akhmad Muhaimin Azzet Akhmad Sekhu Akhudiat Alfian Dippahatang Ali Audah Ali Mustofa Alief Mahmudi Alim Bakhtiar Allex Qomarulla Amarzan Loebis Amien Wangsitalaja Aming Aminoedhin Amir Syarifuddin Anash Andri Awan Anggrahini KD Anindita S Thayf Anisa Ulfah Anjrah Lelono Broto Annisa Steviani Anugrah Gio Pratama Anung Wendyartaka Aprinus Salam APSAS (Apresiasi Sastra) Ardy Suryantoko Arie Giyarto Arie MP Tamba Arif Bagus Prasetyo Arif Gumantia Arif Hidayat Aris Kurniawan Arman A.Z. Arsyad Indradi Arti Bumi Intaran AS Laksana Asarpin Asrul Sani Baca Puisi Bahrum Rangkuti Balada Bambang Kempling Bandung Mawardi Beni R. Budiman Beni Setia Benny Benke Beno Siang Pamungkas Berita Berita Duka Bernando J. Sujibto Berthold Damshauser Binhad Nurrohmat Bonari Nabonenar Brunel University London Budi Darma Bustan Basir Maras Candra Malik Candrakirana Caping Catatan Cerbung Cerpen Chairil Anwar Chicilia Risca Christine Hakim Cinta Laura Kiehl D. Zawawi Imron Dad Murniah Dadang Ari Murtono Damhuri Muhammad Dami N. Toda Damiri Mahmud Darju Prasetya Deddy Setiawan Denny JA Denny Mizhar Deo Gratias Dewi Musdalifah Dhimas Ginanjar Dian Sukarno Dian Tri Lestari Diana AV Sasa Dien Makmur Dinar Rahayu Diskusi Djoko Pitono Djoko Saryono Doddi Ahmad Fauji Dody Yan Masfa Donny Syofyan Dwi Cipta Dwi Fitria Dwi Pranoto Edisi Khusus Edy Firmansyah Eka Budianta Eka Kurniawan Eko Prasetyo Eko Tunas Elsa Vilinsia Nasution Erwin Setia Ery Mefry Esai Evan Ys F Aziz Manna F. Budi Hardiman F. Rahardi Fahmi Faqih Fahrudin Nasrulloh Faisal Kamandobat Fajar Alayubi Fatah Anshori Fatah Yasin Noor Feby Indirani Felix K. Nesi Foto Andy Buchory Francisca Christy Rosana Franz Kafka Frischa Aswarini Fritz Senn Galuh Tulus Utama Gampang Prawoto Gde Artawan Gendhotwukir Goenawan Mohamad Gola Gong Gusti Eka Hamdy Salad Hamid Jabbar Hamka Hamsad Rangkuti Hamzah Sahal Hardy Hermawan Hari Purwiati Hario Pamungkas Haris del Hakim Hasan Aspahani Hasan Junus Hasnan Bachtiar Hendri R.H Hendri Yetus Siswono Herie Purwanto Herry Lamongan Heru Kurniawan Hikmat Gumelar Holy Adib Hudan Hidayat Hudan Nur I Nyoman Darma Putra I. B. Putera Manuaba IAI TABAH (Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah) Ibnu Rusydi Ibnu Wahyudi Ida Fitri Ignas Kleden Imam Muhtarom Imam Nawawi Imammuddin SA Iman Budhi Santosa Indira Permanasari Indonesia O’Galelano Indra Intisa Indra Tjahyadi Inung As Isbedy Stiawan ZS Iskandar Noe Iwan Kurniawan Iwan Simatupang Jajang R Kawentar Jalaluddin Rakhmat James Joyce Jean-Paul Sartre Jember Gemar Membaca JJ. Kusni Jl Raya Simo Sungelebak Karanggeneng Joko Pinurbo Jordaidan Rizsyah Joyo Juwoto Jual Buku Paket Hemat K. Usman Kadek Suartaya Katrin Bandel Kedung Darma Romansha Kemah Budaya Panturan (KBP) Khairul Mufid Jr Khanif Khoirul Abidin Ki Ompong Sudarsono Kiki Astrea Kitab Para Malaikat Koh Young Hun Komplek Gor Kamantren Paciran Lamongan Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias Komunitas Sastra dan Teater Lamongan (Kostela) Komunitas Sastra Ilalang Indonesia (KSII) Kritik Sastra Kumpulan Cerita Buntak Kurnia Effendi Kuswaidi Syafi’ie L.K. Ara Lan Fang Launching dan Bedah Buku Lawi Ibung Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Literasi Liza Wahyuninto Lukas Luwarso Lukman Santoso Az M. Abror Rosyidin M. Adnan Amal M. Faizi M. Lutfi M. Yoesoef M.D. Atmaja Mahamuda Mahardini Nur Afifah Mahendra Cipta Mahfud Ikhwan Mahmud Jauhari Ali Mahwi Air Tawar Malkan Junaidi Maman S Mahayana Manneke Budiman Mansur Muhammad Marcellus Nur Basah Mardi Luhung Marhalim Zaini Maria Magdalena Bhoernomo Mario F. Lawi Maroeli Simbolon Marsel Robot Marulam Tumanggor Mas Garendi Mashuri Masuki M. Astro Matdon Matroni Muserang MG. Sungatno Moh. Husen Mohamad Sobary Mohammad Sadam Husaen Muhammad Idrus Djoge Muhammad Muhibbuddin Muhammad Subarkah Muhammad Yasir Muhidin M. Dahlan Multazam Mulyosari Banyuurip Ujung Pangkah Gresik Jawa Timur Murnierida Pram Mutia Sukma N. Syamsuddin CH. Haesy Naskah Teater Neli Triana NH Dini Nirwan Ahmad Arsuka Nirwan Dewanto Nissa Rengganis Noor H. Dee Novel John Halmahera Nurel Javissyarqi Nuryana Asmaudi Omah Sastra Ahmad Tohari Orasi Budaya Akhir Tahun 2018 Pagelaran Musim Tandur PDS H.B. Jassin Pipiet Senja Profil MA Matholi'ul Anwar Prosa Proses Kreatif Puisi Pustaka LaBRAK PUstaka puJAngga Putu Fajar Arcana R. Timur Budi Raja Radhar Panca Dahana Raedu Basha Rahmat HM Rakai Lukman Rakhmat Giryadi Raudal Tanjung Banua Remy Sylado Resensi Ribut Wijoto Riki Dhamparan Putra Rinto Andriono Riri Satria Rodli TL Ronggeng Dukuh Paruk Ronny Agustinus Rumah Budaya Pantura (RBP) S Yoga S. Jai S.W. Teofani Sabrank Suparno Sahaya Santayana Saini KM Sainul Hermawan Sajak Sanggar Pasir Sanggar Pasir Art and Culture Sanggar Rumah Ilalang Sanggar Teater Jerit Sapardi Djoko Damono Sasti Gotama Sastra dan Kuasa Simbolik Sastra Lamongan Sastra-Indonesia.com Sastri Sunarti Satyagraha Hoerip Saut Situmorang Sekolah Literasi Gratis (SLG) SelaSAstra Boenga Ketjil Seno Gumira Ajidarma Seputar Sastra Semesta Sergi Sutanto Shiny.ane el’poesya Sholihul Huda Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Siwi Dwi Saputro Soeparno S. Adhy Soetanto Soepiadhy Sofyan RH. Zaid Soni Farid Maulana Sosiawan Leak Subagio Sastrowardoyo Suminto A. Sayuti Sunaryono Basuki Ks Sungatno Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Sutan Iwan Soekri Munaf Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Syaifuddin Gani Taufik Ikram Jamil Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teater Ilat Teguh Winarsho AS Tengsoe Tjahjono Theresia Purbandini Titi Aoska Tjahjono Widijanto Toko Buku Murah PUstaka puJAngga Lamongan Topik Mulyana Tri Lestari Sustiyana Triyanto Triwikromo TS Pinang Ulysses Umar Fauzi Ballah Umbu Landu Paranggi Umi Kulsum Universitas Indonesia Universitas Negeri Jember Untung Wahyudi Veronika Ninik Viddy A.D. Daery W.S. Rendra Wage Daksinarga Wahyudi Akmaliah Muhammad Wawan Eko Yulianto Wawancara Widie Nurmahmudy Wildan Ibnu Walid Windi Erica Sari Wisran Hadi Y Alprianti Y. Thendra BP Yanusa Nugroho Yasunari Kawabata Yeni Mulyani Yohanes Sehandi Yona Primadesi Yonathan Rahardjo Yopi Setia Umbara Zainuddin Sugendal Zainuri Zehan Zareez Zelfeni Wimra Zumro As-Sa'adah